rpm-ftui

27/12/2016 15:13 Authored By: Administrator

DEPOK – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi di tingkat internasional. Tim Cheesava, mahasiswa dari jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UI (FTUI) yang terdiri atas Sri Ayu Lestari, Anifah Saeful Pranata, dan Kirstie Imelda Majesty berhasil meraih juara dengan predikat Best Innovation Award dalam ajang International Biotechnology Competition and Exhibition (IBCEx) 2015.

Pada kompetisi produk inovatif tingkat internasional, yang diselenggarakan minggu lalu di Malaysia, tim Cheesava membawakan produk inovasi berupa keju sintetis berbahan dasar singkong. “Keju dibuat dari singkong tanpa melalui proses fermentasi hingga memiliki rasa, warna, dan tekstur yang menyerupai keju asli,” ujar Rifelly Dewi Astuti, Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI kepada SH, Selasa (28/4).

Menurut Rifelly, IBCEx merupakan sebuah kompetisi inovasi produk tingkat internasional di bidang bioteknologi yang diselenggarakan oAsosiasi Mahasiswa Bioproses Universiti Teknologi Malaysia (BIOSS UTM). Kompetisi tahun 2015 ini bertajuk "Innnovation for Competitive and Dynamic Generation”.

Pada ajang yang sama, tim Vlakes yang juga dari Teknik Kimia UI, berhasil meraih prestasi runner-up dengan predikat Best Presentation Award. Presentasi tim Vlakes menjadi basis percontohan presentasi produk oleh juri untuk tim delegasi dari universitas dan negara lain.

“Melalui kompetisi produk inovasi mahasiswa ini, diharapkan dapat membangun jiwa kreatif, inovatif, dan kompetitif para pemuda di bidang bioteknologi. Jadi, kompetisi ini mampu menghasilkan produk bioteknologi yang memiliki pengaruh positif yang luas bagi masyarakat dunia,” ujarnya.
 
Artikel yang dimuat dalam web ini adalah bagian dari Program Insentif Promosi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen FTUI di Media Massa.
 
Penulis: Muhamad Sahlan, Sri Ayu Lestari, Farha Kamila, dan Saeful Pranata