rpm-ftui

27/12/2016 16:42 Authored By: Administrator

Yogyakarta (29/11/2015), Acara bertajuk “Pelatihan Pembuatan Kreasi Produk dan Peresmian Rumah Joglo Pelangi” berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan di Dusun Sejatidesa, Desa Sumberarum, Kec. Moyudan, Kab. Sleman. Dreamdelion merupakan kelompok mahasiswa se-Indonesia yang telah dua tahun berusaha memberdayakan masyarakat Dusun Sejatidesa dalam berinovasi membuat kerajinan tenun, dan bekerjasama dengan Laboratorium Sistem Manufaktur Teknik Industri Universitas Indonesia bertujuan untuk meningkatkan inovasi produk dalam aspek pengembangan mengenai sistem produksi dan sistem pemasaran produk untuk dapat berkembang dan mengangkat produk lokal masyarakat dusun Sejatidesa untuk lebih dikenal di masyarakat luas. Program Pengabdian Masyarakat ini dibiayai oleh hibah CEGs Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia dimana bertujuan untuk melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat untuk dapat mengembakan usaha lokal sehingga dapat mencapai sustainability.

Puncak acara pada Minggu (29/11/2015) adalah penyerahan Rumah Joglo Pelangi yang telah diperbaiki fasilitasnya sehingga dapat dimanfaatkan warga setempat untuk rumah produksi tenun, maupun kegiatan lain seperti rumah baca dan belajar maupun factory outlet dari produk Dreamdelion. Inaki (29) sebagai ketua dari hibah ini menuturkan “Program hibah untuk Dreamdelion dan warga masyarakat ini berjalan selama 6 bulan dari bulan Juli 2015, dalam acara tersebut ada agenda pelatihan kreasi produk dan peresmiannya. Sebelumnya tim CEGs kami telah memberikan pelatihan branding, pemasaran dan desain produk serta packaging .”

Bagi warga setempat yang diwakili oleh Bapak Puspito hal semacam ini sangat bermanfaat agar desa dapat memberdayakan warganya untuk mendapatkan penghasilan melalui bertenun yang merupakan kerajinan khas Indonesia, dan pelatihan ini dapat menambah harga jual dari hasil tenun menjadi kerajinan seperti kreasi tas, baju, maupun sepatu yang bernuansa etnik, trendi dan berkualitas agar mempunyai laku dan mempnyai daya saing di pasar.

Artikel yang dimuat dalam web ini adalah bagian dari Program Insentif Promosi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen FTUI di Media Massa.

Sumber: Hibah CEGs DRPM UI Tahun 2015

Penulis: Inaki Maulida Hakim