rpm-ftui

27/12/2016 16:09 Authored By: Administrator

Sanitasi dan penyediaan air minum yang buruk berkontribusi terhadap 88 persen kematian anak akibat diare di seluruh dunia. Keduanya berhubungan erat satu sama lain dan merupakan masalah krusial dalam kehidupan manusia sehari-hari. Air bersih dan sanitasi merupakan sasaran tujuan pembangungan milenium atau MDG yang ketujuh, dimana di tahun 2015 sebenarnya diharapkan setengah jumlah penduduk yang tanpa akses ke air bersih dan sanitasi dasar dapat berkurang. Dalam hal tersebut Indonesia perlu meningkatkan angkat persentase akses air bersih hingga 68,9 persen dan 62,4 persen untuk sanitasi. Oleh karena itu, air dan sanitasi merupakan masalah penting yang perlu diberikan perhatian lebih. Penanganan sanitasi harus memenuhi aspek kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Dalam hal kontinuitas, yang menjadi krusial adalah bagaimana peran serta masyarakat dalam menjaga keberlanjutan penyediaan air minum dan sanitasi ini. Sanitasi total berbasis masyarakat merupakan solusi yang dapat ditawarkan untuk konsep dasar dalam penyediaan air minum dan sanitasi di daerah rural.
Kegiatan dalam program ini terbagi dalam tiga tahapan yaitu pre-triggering, triggering dan post-triggering. Pada tahap pertama, akan dilakukan studi eksisting tentang kondisi sanitasi dan penyediaan air minum di Desa Sujung, yang dilanjutkan dengan wawancara dan penguatan kelompok sehingga menghasilkan masterplan untuk pembangunan insfrastruktur sanitasi dan air minum. Tahap kedua akan dilakukan aksi yaitu implementasi dari pembangunan fasilitas sanitasi dasar dan juga sistem penyediaan air minum. Pada tahap terakhir akan dilakukan pengawasan dan evaluasi terhadap berjalanannya program yang diharapkan masyarakat akan menjadi mandiri.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penyediaan air minum dan sanitasi yang baik di Desa Sujung. Untuk air minum, akan dimulai dari ketersediaan air baku, sarana prasarana serta distribusinya, sedangkan untuk sanitasi akan dimulai dari sistem pengumpul sampai pengolahan limbah cair. Tujuan lainnya adalah untuk menciptakan masyarakat Desa Sujung yang mandiri dan sadar akan pentingnya sanitasi dan menggunakan air bersih di kehidupan sehari-hari.

Artikel yang dimuat dalam web ini adalah bagian dari Program Insentif Promosi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen FTUI di Media Massa.

SUmber: https://youtu.be/eMlPMrH7aqk

Penulis: Cindy Rianti Priadi, Paraginta Basaria, M. Irpan Sejati, Amtinah Fathul Latifah, Olivinia Qonita Put