rpm-ftui

27/12/2016 16:22 Authored By: Administrator

Satu lagi produk kebanggan karya anak bangsa yang akan dipamerkan dalam Konferensi Internasional 'the 2nd Asia Engange Regional Conference 2014' pada 17-20 November 2014 di Bali, Sabun propolis.

Ya, mungkin bila Anda selama ini hanya mengetahui manfaat propolis sebagai minuman untuk daya tahan tubuh dan melawan penyakit akibat mikroba. Tapi Dr. Eng Muhamad Sahlan, S.Si justru mengembangkan sabun antibakteri yang terbuat dari lilin propolis.

Seperti disampaikan Agustino Zulys selaku Ketua Pelaksana Konferensi Internasional, Agustino Zulys bahwa dalam acara nanti, sejumlah produk lokal Indonesia yang berguna untuk kesehatan seperti HadaPolis akan dipamerkan ke akademisi internasional.

"Ini bentuk pengabdian masyarakat yang membanggakan. Ada banyak sebenarnya yang akan kami bawa ada produk propolis, biskuit tempe dan kurma, hasil kerajinan suku Rimba dan banyak lagi. Tapi produk karya doktor Sahlan ini salah satu produk yang sudah dipatenkan dan memiliki kemasan yang bagus," katanya di ILRC, Universitas Indonesia, Depok, Selasa (11/11/2014).

Produk Sahlan sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Ada MeliPolis yang berguna untuk daya tahan tubuh dan antibiotik alami, ada
DorsaPolis yang disukai anak-anak karena rasanya yang tidak pahit namun memiliki manfaat seperti MeliPolis, ada madu herbal serta
HadaPolis, sabun kesehatan alami yang terbuat dari minyak-minyak herbal pilihan dan mengandung bahan aktif anti mikroba yang berasal dari lilin propolis. HadaPolis tidak mengandung SLS (sodium lauryl sulphate) sehingga ramah lingkungan.

Sabun kesehatan HadaPolis juga dikembangkan di Laboratorium Rekayasa Industri Bioproses, Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik,
Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HadaPolis berhasil menghambat pertumbuhan bakteri dikulit hingga 60 persen.

Selain mengurangi mikroba penyebab keputihan seperti Candida albicans, Trichomonas vaginalis. Khasiat lainnya adalah membunuh mikroba kulit, mencegah keputihan, mencegah dan membantu membersihkan jerawat, mencegah dan membantu berbagai masalah penyakit kulit, baik untuk yang alergi sabun yang mengandung SLS dan triclosan dan bisa digunakan juga sebagai sabun bayi dan cuci muka.

Artikel yang dimuat dalam web ini adalah bagian dari Program Insentif Promosi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen FTUI di Media Massa.

Sumber: health.liputan6.com

Penulis: Dr. Muhamad Sahlan