rpm-ftui

27/12/2016 13:00 Authored By: Administrator

LENSAINDONESIA.COM: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) untuk kali kedua, kembali menggelar Seminar dan Diskusi Nasional. Kali ini, mengangkat tema “Kebijakan dan Langkah Strategis dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.”

Diskusi yang akan diselenggarakan Senin (30/3/15) ini berlangsung Pukul 9.00–12.00 WIB di Balai Tirta – Balairung UI –sisi danau– Kampus Depok.

Menteri ESDM Sudirman Said, SE, Ak, MBA akan jadi pembicara, Prof Dr H. Rizal Djalil (Badan Pemeriksa Keuangan RI); Prof Dr Anwar Nasution (Akademisi FEB UI); Dr Ing Eko Adhi Setiawan (Direktur TREC FTUI). Moderator Ir Bambang Susantono, MCP, MSCE, PhD dan Effendi Ghazali, PD, MPS ID.

Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti,SE, MM menjelaskan, penyelenggaraan seminar dilatarbelakangi krisis listrik yang terjadi beberapa tahun terakhir. “Salah satu penyebabnya adalah disparitas antara kebutuhan masyarakat dengan kemampuan Pemerintah di dalam menyediakan listrik,” jelasnya lewat surat undangan elektonik kepada LICOM, Sabtu (28/3/15).

Salah satu contoh disparitas tersebut, menurut Rifelly, adalah pertumbuhan penjualan tenaga listrik di Sumatera sebesar 9,4% per tahun, namun tidak dibarengi dengan kapasitas pembangkit dimana hanya mencapai angka pertumbuhan rata-rata sebesar 5,2% per tahun.

Dijelaskan Rifelly, output dari setiap Seminar dan Diskusi Nasional yang diselenggarakan, DRPM UI akan keluarkan sebuah buku putih mencatat hasil diskusi yang diharapkan dapat dijadikan acuan di dalam menetapkan kebijakan dan langkah strategis. 

Artikel yang dimuat dalam web ini adalah bagian dari Program Insentif Promosi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen FTUI di Media Massa.

Sumber: lensaindonesia.com