rpm-ftui

13/11/2018 15:41 Authored By: Administrator


Kepala Koordinator Welding Research Centre Dept. Metalurgi dan Material FT UI, Ir. Sunoto Mudiantoro bersama pelatih lain dengan peserta pelatihan las. (angga)

DEPOK – Puluhan siswa SMK dan SMA di Depok, mendapatkan pembekalan pelatihan pengelasan yang diselenggarakan oleh pengabdian masyarakat Welding Research Center Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), di Gedung MRC FT UI Lantai 1 Kampus Baru UI, Kota Depok, Kamis (18/10/2018).

kegiatan pelatihan Welding atau Las ini, diberikan kepada para peserta siswa SMK dan SMA yang baru lulus untuk menambah kemampuan atau skill dalam dunia industri.

“Kegiatan las ini adalah salah satu dari pengabdian masyarakat FT UI  sebagai perguruan Tridarma selain pendidikan dan riset,”ujar Kepala Koordinator Welding Research Centre Dept. Metalurgi dan Material FT UI, Ir. Sunoto Mudiantoro.

Kegiatan yang sudah tiga kali dilaksanakan ini, menurut Sunoto telah memberikan pelatihan kemampuan dengan total jumlah peserta 60 orang.

“Rata-rata kita cari peserta lulusan SMK dan SMA yang ada di Depok untuk mengikuti pelatihan ini. Teknik pengelasan yang kita ajarkan didukung dengan teori dan praktek adalah sudah sesuai standar dalam dunia industri dan nantinya siap untuk kerja,” katanya.

Alasan Sunoto memilih lulusan SMK untuk jadi peserta pelatihan las kali ini, mengingat daya tampung setelah lulus sangat sedikit ditampung ke perguruan tinggi.

“Keterampilan pengelasan yang kita berikan ke peserta bukan pengelasan biasa tapi setarad dengan dunia industri dengan teknologi tinggu. Bukan pengelasan las pagar biasa, setelah selesai pelatihan para peserta ini siap untuk terjun ke dunia kerja,” tambahnya.

Dalam pelatihan yang dilakukan, lanjut Sunoto sistem pengerjaan las yang diajarkan sangat berbeda jauh dengan yang didapatkan para peserta.

“Selama ini para siswa hanya diajarkan bagaiaman cara menggunakan panas elektroda dan alat alas dasar saja. Sehingga sebelum pelaksanaan kegiatan kita bekali teori dilanjutkan praktek hingga selesai pelatihan,” ungkapnya.

Dari pihak FT UI Metalurgi, Sunoto menambahkan akan merekomendasikan para peserta untuk ditaruh ke industri yang telah bekerjasama sama dengan FT UI. “Kita bekerjasama dengan Asosiasi Pengelasan Indonesia (API). Jika ada permintaan untuk bekerja kita akan menyiapkan para peserta latihan siap kerja,” katanya. “Diharapkan selepas ini dapat berjalan terus dan menjadi bekal bagi anak SMK dan kerjasama dengan Disnaker Kota Depok dalam menciptakan tenaga ahli siap di dunia industri.” (angga/mb)

Sumber: Poskota News