rpm-ftui

13/11/2018 15:22 Authored By: Administrator


SUKABUMI, EKSKUL NEWS – Puluhan siswa kelas XII dan guru SMA Baitul Hikmah mengikuti kompetensi komputer dan jaringan. Kegiatan dilaksanakan dua hari, yaitu Minggu dan Senin yang diprakarsai Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yaitu program Peduli FTUI yang dilaksanakan di ruang Laboratorium SMA Baitul Hikmah tepatnya Jalan Tenjojaya Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Senin, (15/10).

Tim dari Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), sebelum melaksanakan kegiatan terlebih dahulu mengikuti upacara bendera, kemudian dilanjut menyerahkan bantuan perangkat komputer server serta  jaringan komputer sekaligus pelatihan untuk meningkatkan kompetensi siswa maupun guru.

Tim pengawas Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Prof. Dr. Ir. Winarno MSc. menyampaikan kepada ekskulnews.com, program hibah ini merupakan tahap awal  pengabdian masyarakat, FTUI yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk masyarakat pendidikan di daerah Sukabumi.

“Ini merupakan tahap awal pengabdian masyarakat, FTUI hadir untuk masyarakat pendidikan setiap tahunnya di daerah Sukabumi,” ungkapnya.

Saat ini hampir seluruh sekolah di Indonesia menggunakan komputer untuk kegiatan belajar mengajar serta ujian periodik. Sebagian masih belum paham bagaimana cara menggunakan fasilitas komputer secara baik. Hal ini mungkin pihak sekolah mempunyai kendala dalam pengadaan peralatan komputer dan jaringan. Era globalisasi perkembangan ilmu pengetahuan melalui jaringan komputer berkembang pesat menjadi sangat kompleks dan canggih bisa dikatakan tulang punggung sistem teknologi informasi.

Lanjutnya, ia berharap semoga programnya bisa berkelanjutan dan ada beberapa program lain yang bisa bekerja sama dengan tanggung jawab sosial (Social Corporate Responsibility) beberapa perusahaan swasta nasional.

“Semoga program Pengmas ini bisa berkelanjutan untuk tahun berikutnya khususnya di SMA Baitul Hikmah ini. Selain itu, ada beberapa program yang bisa bekerja sama dengan perusahaan swasta nasional,” harapnya.

Masih di tempat yang sama, Ir. Sunoto Mudiantoro mengatakan, sekolah dapat dipandang sebagai sebuah masyarakat kecil (mini society) yang menjadi wahana pengembangan siswa dan bukan sebuah birokrasi yang serat dengan beban administrasi.

“Sekolah dapat kita pandang sebagai masyarakat kecil yang menjadi wahana pengembangan siswa dan bukan sebuah birokrasi yang serat dengan beban administrasi,” imbuhnya.

Kepala Sekolah, guru harus mampu melayani secara profesional dan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara berkesinambungan mengembangkan kemampuan siswa baik akademik maupun non akademik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Ir. Sunoto secara rinci menjelaskan komponen-komponen server dan prangkat jaringan serta urutan cara pemasangan yang benar, kemudian mengatasi jika ada masalah.

Ketua Yayasan, R. Marwan Pradjamukti S.E., M.Si. menyampaikan, dirinya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih karena mendapatkan bantuan server, cilent, dan jaringannya.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih karena mendapat bantuan server, client, dan jaringan. Ini sangat membantu sekolah dalam menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan sesuai standar nasional diantaranya server prosesor 4 core, clok rate minimal 1.6 GHz (64 bit), Ram 8 GB, DDR 3 Hardisk 250 GB . Dimana jumlah server mengikuti ratio 1:40 (satu server maksimal untuk 40 client). Mudah-mudahan murid kami nanti bisa mengikuti program pemerintah dengan baik dengan mengikuti pelatihan dalam mendapatkan keahlian di bidang teknologi komputer.” pungkasnya.

Laporan : Dev

Editor : MHT

Sumber: ekskulnews.com