rpm-ftui

13/11/2018 15:12 Authored By: Administrator


DEPOK – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berkolaborasi dengan Laboratorium Statistics and Quality Engineering (SQE) mendirikan Pondok Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) FTUI. Hal ini sebagai komitmen FTUI untuk meningkatkan minat belajar dan baca anak-anak.

Ketua Program Pondok IPTEK FTUI Prof. Ir. Isti Surjandari Prajitno, Ph.D. mengatakan, pondok IPTEK FTUI merupakan sebuah tempat berkumpul, belajar dan bermain bagi anak-anak yang dilengkapi dengan fasilitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta keilmuan dasar teknik.

“Kami peduli akan terciptanya kondisi lingkungan yang positif dan mendukung tumbuh kembang anak optimal secara fisik, mental, dan sosial. Untuk itu, kami berinisiatif menciptakan Pondok IPTEK agar dapat membantu perkembangan anak dari sisi lingkungan belajar di tengah masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Selasa (23/10/2018).

Isti menuturkan, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan wawasan serta minat anak-anak dalam mempelajari dan menerapkan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari, khususnya mengenai keilmuan dasar teknik terkait matematika dan fisika mekanika.

“Pondok IPTEK FTUI didirikan di dalam RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Seruni, Jakarta Selatan. Terdapat beberapa permainan edukatif yang dirancang pada kegiatan ini,” ucapnya.

Isti menjelaskan, ada tiga permainan edukatif yang dirancang yang pertama permainan jalur bola luncur yang menerapkan dan mengajarkan kepada anak tentang konsep fisika mekanika terkait dengan percepatan benda, lalu permainan kedua yaitu spinner board ular tangga yang mengajarkan konsep dasar berhitung pada anak-anak dengan cara memutar spinner board sambal bermain bermain ular tangga.

“Kemudian permainan ketiga adalah permainan 5 in 1 yang di khususkan untuk anak-anak dengan usia 4-6 tahun. Pada permainan ini terdapat 5 sisi berbeda yang di desain dengan tujuan untuk melatih motorik, kognitif, dan afektif serta psikomotorik pada anak,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Isti pondok ini juga menyediakan buku sains anak yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas gemar membaca sejak dini serta memperluas wawasan terkait IPTEK. Beberapa buku ini diperoleh dari hasil donasi para mahasiswa dan dosen FTUI.

“Kami berupaya agar penyampaian materi dikemas sedemikian rupa menyesuaikan minat anak-anak terkait IPTEK agar tetap menarik namun tetap edukatif. Sehingga dihasilkanlah beberapa permainan edukatif berbasis sains serta pojok pustaka kecil khusus untuk buku-buku sains,” lanjut Isti.

Salah satu pengurus dari RPTRA Seruni Nasini, mengatakan pondok IPTEK FTUI ini sangat bermanfaat untuk anak-anak sehingga kegiatan bermain anak nanti menjadi lebih positif.

“Pembuatan Pondok IPTEK FTUI sangat bermanfaat bagi anak-anak, karena sejak adanya permainan edukatif dan buku-buku sains, anak-anak semakin antusias dan semangat untuk membaca. Sehingga kegiatan mereka dalam bermain dapat terarah menjadi lebih positif,” ujarnya.

 (Feb)

(rhs)

Sumber: Okezone.com