rpm-ftui

27/12/2016 09:45 Authored By: Administrator

MCK adalah salah satu kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat kampung kupat seperti Cikini. Namun selain MCK, warga juga sangat membutuhkan fasilitas lain yang dapat digunakan secara bersama-sama, mulai dari Ruang Serba Guna (untuk selamatan, pernikahan, kematian, dll) hingga musholla dan Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ide kami adalah memanfaatkan lokasi-lokasi MCK bukan hanya sekedar sebagai MCK namun juga dapat menjadi bagian dari fasilitas terpadu yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan warga.

Di lingkungan RW-01 Kampung Cikini MCK Kobak yang berlokasi di RT-14 terdapat fasilitas umum yang terpadu dengan MCK dan terbukti dapat berfungsi dengan baik. Bangunan MCK ini terdiri atas 2 lantai, lantai bawah untuk kegiatan mandi dan cuci, sedangkan lantai dua difungsikan untuk berbagai kegiatan, mulai dari pengajian, shalat taraweh hingga menjadi penginapan sementara bagi anggota RT14 yang sedang melaksanakan hajatan.

Sayangnya rancangan dan kondisi MCK Kobak sangat memprihatinkan, sehingga di tahun 2015 program kami adalah merehabilitasi bangunan MCK Kobak bekerjasama dengan warga. Program ini menjadi penting karena dapat menjadi contoh nyata bagi RT lain bagaimana fasilitas terpadu dapat dibangun dengan memanfaatkan MCK. 

Balai Kobak yang semula kondisinya tidak memadai kini menjadi MCK yang terpadu dengan balai RT yang bersih, layak, sehat dan siap dimanfaatkan sepenuhnya oleh warga RT 14. Lantai 1 berupa MCK kami rancang atas persetujuan dengan warga tanpa mengabaikan kebiasaan dan cara penggunaan yang selama ini dilakukan oleh warga. Program  pembangunan dapat diselesaikan dalam waktu 4 bulan.

Artikel yang dimuat dalam web ini adalah bagian dari Program Insentif Promosi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen FTUI di Media Massa.

Penulis: Evawani Ellisa