rpm-ftui

Mengacu pada kebijakan umum arah pengembangan UI, rencana pembangunan UI jangka panjang 2015-2035 dengan memperhatikan tantangan global, capaian Renstra UI tahun 2007-2012, dan laporan tahunan UI pada masa transisi 2012-2014 serta analisa kesenjangan saat ini maka Visi UI pada periode 2015-2019 adalah:

“Mewujudkan Universitas Indonesia yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan sebagai solusi masalah nasional dan global”

Visi FTUI

FTUI kebanggaan bangsa yang unggul dan mampu bersaing di Asia Tenggara.

Misi FTUI

  • Mempersiapkan sarjana, magister dan doktor teknik yang berwawasan internasional dengan sistem Cutting-Edge Engineering Education & Management yang menjadi tolak ukur sistem pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara.
  • Menyelenggarakan riset untuk pengembangan teknologi dan sains bangsa denga fokus riset keteknikan berbasis terapan (Applied Engineering Research). Applied Engineering Research harus merupakan riset yang dapat bersaing di kancah internasional namun bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, tanpa mengabaikan riset yang telah menjadi tulang punggung FTUI.
  • Mendorong sistem Engineering Enterprises dan pengabdian masyarakat yang profesional dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan industri. Engineering Enterprises harus berperan aktif dalam memecahkan tuntutan global dengan dukungan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan humanis.
  • Membangun dan mempersiapkan institusi keteknikan yang berbasis Teknologi Informasi Terpadu (Integrated IT Based Institution) dengan tuntutan efisiensi dan profesionalitas yang menjadi benchmark secara nasional. Integrated IT Based Institution harus mampu mengikuti perkembangan FTUI maupun perkembangan teknologi di masa depan.


STRUKTUR ORGANISASI 

Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Indonesia (RPM-FTUI) adalah unit yang dipimpin oleh Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat fakultas secara struktural berada di bawah koordinasi Wakil Dekan I (Bidang Akademik, Penelitian dan Kemahasiswaan) dan Dekan FTUI. Dalam operasionalnya melayani keperluan dosen dan mahasiswa di bidang riset dan pengabdian masyarakat unit ini ditunjang oleh Staf Khusus Bidang Publikasi, serta Asisten Manajer Riset dan Sekretaris

Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia :  Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng

Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian dan Kemahasiswaan : Dr. Ir. M. Asvial, M.Eng

Manajer Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat : Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si, M. Eng

Asisten Manajer Riset dan Pengabdian : Indah Sari Dewi, S.P.

Sekretaris Unit RPM FTUI : Herra Astasusmini, SE